Rabu, 11 Februari 2009

Teknologi .Net

Buat temen - temen netter and blogger, maaf mr-frog udah lama meninggalkan blog. Banyak kegiatan yang silih berganti datang dan harus diselesaikan. Maaf juga buat temen - temen yang udah sering berkunjung ke blog ini, mr-frog belum sempet kunjungan balik.


Nah berhubung mr-frog lagi balajar pemrogramman, jadi rencananya isi blog mr-frog ini kedepannya bakalan ngebahas tentang pemrograman, terutama bahasa C#...


Nah mr-frog ngajak para netter and blogger yang suka programming buat saling bertukar pikiran. Jadi bisa saling membagi ilmu yang dimiliki. Pada postingan kali ini, mr-forg bakalan ngebahas tentang teknologi .Net yang sekarang banyak digunakan oleh para programmer.


Buat para master - master programmer pasti istilah .Net atau .Net Framework udah ga asing lagi. Tapi buat para kaum muda yang masih meraba - raba tentang pemrograman berbasis objek mungkin masih bingung. Nah kali ini mr-frog ingin berbagi informasi tentang teknologi .Net itu kayak gimana sie sebenernya. Sedangakan buat para master - master programmer klo mungkin postingan mr-frog ada yang keliru tolong di konfirmasi ya...

Yupz, sekarang kita langsung aja ke materi, hehehe....

Apa itu teknologi .NET????

.NET merupakan sebuah teknologi yang diciptakan oleh Microsoft untuk pengembangan program – program yang berorientasi objek. Keistimewaan dari teknologi ini bagi para developer tidak hanya dapat mengembangkan program – program aplikasi biasa, namun juga dapat mengembangkan aplikasi – aplikasi internet. Teknologi ini memungkinkan seorang programmer mengembangkan aplikasi yang dapat berjalan di beberapa operating system, hingga peralatan – peralatan lain seperti handphone, blackberry maupun yang lain sebagainya.

Teknologi .Net menyediakan berbagai macam library, modul – modul yang sangat membantu para programmer dalam mempersingkat waktu pembuatan program. Modul – modul yang tersedia tersebut tidak tergantung pada bahasa pemrograman yang digunakan. Keistimewaannya buat para developer program :

* Programmer dapat berpindah dari teknologi yang lama ke teknologi .Net dengan mudah karena adanya kompabilitas. (misalnya Visual Basic 6 dengan Visual Basic .Net)

* Meningkatkan efektivitas kinerja tim karena teknologi ini mampu membuat interaksi antar program walaupun dibuat dengan bahasa pemrograman yang berbeda.

* Memiliki dukungan penuh terhadap pengembagangan aplikasi internet seperti teknologi HTML, XML, SOAPm dan HTTP.

* Mendukung banyak bahasa pemrograman, diantaranya C++, C#, Visual Basic, dan Java.

* Meningkatkan keandalan program dalam menangani error

* Penanganan masalah memori secara otomatis, dll.


.Net Framework

.Net Framework merupakan suatu bingkai kerja bagi aplikasi – aplikasi .Net yang dibuat dengan Visual Studio.Net tanpa terpengaruh bahasa pemrograman yang digunakan.
Di dalam .Net Framework inilah kode aplikasi yang ditulis oleh developer mengalami beberapa proses sebelum dijalankan. .Net Framework memiliki beberapa komponen yang bekerja saling melengkapi sehingga menghasilkan aplikasi .Net yang bekerja dengan baik di semua flatform hardware dan system operasi yang memiliki teknologi .Net.


Photobucket


Komponen .Net Framework

Beberpa komponen yang berada pada .Net Framework, yaitu :

1. Common Language Runtime (CLR)

CLR merupakan komponen .Net Framework yang menyediakan libray – libray yang diperlukan dalam pembuatan program dengan menggunakan visual studio.net tanpa memperhatikan bahasa program yang digunakan.

CLR berfungsi sebagai jembatan antara program aplikasi dengan system operasi. CLR akan menjalankan program aplikasi yang masih berupa intermediate code. Program yang berupa intermediate code ini akan di compile sesuai dengan system operasi yang digunakan.

2. Microsoft Intermediate Language (MSIL)

Pada CLR di atas disebutkan program yang masih berupa intermediate code, hal itu merupakan bentuk dari MSIL. Setiap aplikasi yang dikompilasi dengan menggunakan berbagai compiler di dalam teknologi .Net tidak langsung diterjemahkan ke dalam bahasa mesin (binary) namun terlebih dahulu di kompilasi menjadi bentuk MSIL, atau masih berupa intermediate code. Nantinya MSIL ini akan diterjemahkan oleh CLR dan JITers menjadi bahasa mesin (binary).

3. Just in Time Compilers (JITers)

Saat program yang masih berupa intermediate code dijalankan, maka CLR akan memanggil JITers untuk meng-compile kode tersebut menjadi program yang dapat dijalankan langsung (.exe, atau.dll) tergantung dari hardware dan system operasi komputer tersebut.

4. Base Class Library

Merupakan kumpulan class – class yang dapat digunakan secara langsung oleh para programmer untuk membantu dalam membuat aplikasi. Class – class ini menyediakan akes ke Windows API dan fungsi – fungsi umum seperti struktur data, manipulasi string, IO, stream, string, dll.

5. Common Language Specification (CLS)

CLS merupakan sekumpulan spesifikasi yang harus dipenuhi oleh bahasa pemrograman agar dapat didukung oleh teknologi .Net. Pemenuhan spesifikasi ini tidaklah sulit sehingga banyak bahasa pemrograman berorientasi objek yang dapat didukung oleh .Net.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Nice Info Bro :)

kR!$nA_Ww mengatakan...

maz q minta artikelnya ya...!!!;;)

elm mengatakan...

saya jg lg belajar pemrograman nih, tp php

Wahyudi Kusumo Nugroho mengatakan...

Wah, info yang bermanfaat nih...
Makasih gan... :D

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hostgator Discount Code